Tips Merawat Kamera



Memasuki musim penghujan saat ini, sebagai penghobi foto khususnya fotografer, jamur adalah salah 1 momok utama yang menjadi musuh utama. Jika kita lalai dalam menghadapinya, tak sedikit kemungkinan baik itu lensa maupun kamera akan segera terkena serangan jamur tersebut.

Jamur biasanya muncul jika kita menyimpan kamera ditempat lembab, ditambah lagi dengan musim hujan maka akan semakin mempercepat kemunculan jamur ini.


Serangan jamur paling mudah dibersihkan jika berada pada bagian luar optik baik itu didepan maupun dibagian belakang lensa. Cukup dengan dibersihkan dengan menggunakan cairan tertentu dan diusap menggunakan kapas secara searah. Jika jamur yang timbul sudah mendekati parah bahkan sangat parah biasanya akan meninggalkan jejak serabut bekas jamur.


Serangan jamur yang susah dibersihkan jika berada didalam optik lensa maupun didalam view vinder kamera. Harus dibersihkan oleh yang ahli karena proses bongkar pasangnya sangat rumit dan terkadang pada saat pemasangan membutuhkan kalibrasi agar pada saat digunakan kembali objek foto bisa tetap fokus/akurat.


Untuk menghindari serangan jamur terutama pada musim penghujan saat ini ada salah 1 tips jitu dan sangat ampuh dan cukup murah sehingga tidak menguras kantong lebih dalam. Bahan yang kita gunakan cukup 2 yaitu drybox atau box besar yang terdapat karet seal dibagian tutupnya agar kedap udara dan bahan berikutnya yaitu Serap Lembab.


Serab Lembab ini ada berbagai jenis namun fungsinya sama saja. Dalam setiap pembelian Serab Lembab terdapat wadah untuk menyimpan bubuk atau biasa disebut granul Serab Lembab tersebut. Daya tahan Serab Lembab ini tergantung seberapa kedap dan lembab tempat penyimpanan drybox/box kamera ditempatkan. Semakin lembab dan tidak kedapnya drybox/box maka akan semakin cepat Serab Lembab mencair. Biasanya paling cepat 1 bulan sudah minta ganti isinya.


Jika tempat penyimpanan kering dan kedap maka Serab Lembab bisa bertahan lebih lama bisa 3-4 bulan bahkan bisa sampai 5 bulan baru diganti isinya. Keunggulan lain menggunakan Serab Lembab, selain kamera dan lensa terhindar dari jamur juga bisa membuat kamera dan lensa kita menjadi harum saat dikeluarkan dari drybox atau box penyimpanan.


Hindari menyimpan kamera menggunakan lampu pijar. Banyak pemilik kamera menyimpan kamera menggunakan lampu pijar dalam menyimpan kameranya agar terhindar dari serangan jamur. Hal ini bisa dikatakan kurang tepat karena lampu pijar dalam jangka panjang akan menimbulkan panas dimana akan merusak beberapa part kamera/lensa khususnya karet-karenya akan lebih cepat rusak yaitu menjadi melar karena efek panas yang ditimbulkan oleh lampu pijar tersebut. Karet yang melar secara tidak langsung akan menurunkan mood kita dalam melakukan aktifitas fotografi.


Demikian tips dan trik merawat kamera maupun lensa dengan mudah dan murah. Semoga bermanfaat.